Sunday, August 22, 2010

NYERI SAAT HAID

Setiap wanita pasti akan mengalami nyeri haid di awal haidnya. Tetapi, kadar nyeri untuk setiap wanita berbeda – beda. Hal ini sangatlah wajar, sehingga tak perlu dikhawatirkan. Kecuali nyeri yang disertai rasa yang amat sakit. Kadar nyeri yang terjadi ada yang biasa – biasa saja ada pula yang sampai pinsan, bahkan ada yang tidak merasakan nyeri sama sekali.

Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae . Nyeri haid dibagi dua jenis, yaitu:
  1. Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.
  2. Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.
Jika anda mengalami hal – hal semacam dibawah ini, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter.
Timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul di kemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.

Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari, jika masa haid lebih dari sembilan hari, apabila mens tidak pernah teratur sejak semula.
Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar. Ada berbagai cara untuk mengatasi nyeri saat haid. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kopi pahit dan kental.

No comments:

Post a Comment