Friday, August 20, 2010

Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Kanker payudara dan kanker serviks adalah dua penyakit yang sangat ditakuti oleh para perempuan di dunia. Semakin banyak perempuan yang peduli dengan kesehatan vitalnya agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Survey mengatakn bahwa di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker serviks telah mencapai 40 –45% tiap harinya. Kejadian ini pasti memicu kita untuk lebih memperhatikan kesehatan payudara dan kesehatan alat vitalnya agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini.
Siapa saja yang rentan terhadap kanker serviks? Setiap wanita yang pernah melakukan hubungan seksual mempunyai resiko terhadap kanker leher rahim. Sel-sel leher rahim mungkin mengalami perubahan sehingga sangat diperlukan melakukan Pap smear test secara teratur (baik yang telah ataupun yang belum pernah mendapatkan Pap smear test). Demikian juga bagi anda yang merokok kemungkinan untuk mendapatkan kanker leher rahim sangat besar.
kanker serviks

Apa yang harus anda lakukan untuk menghindari kanker leher rahim ?Yang pertama, jika anda pernah melakukan hubungan seksual anda harus melakukan Pap smear test secara teratur setiap dua tahun dan ini dilakukan sampai anda berusia 70 tahun. Hal yang ke tiga adalah tidak merokok. Tentulah anda akan merasa kuatir dan cemas, manakala anda mendapati bahwa hasil pemeriksaan ‘Pap Smear’ anda abnormal. Apakah artinya jika ‘Pap Smear’ anda abnormal. Hasil ‘Pap Smear’ dikatakan abnormal jika sel-sel yang berasal dari leher rahim anda ketika diperiksa di bawah mikroskop akan memberikan penampakan yang berbeda dengan sel normal. Kejadian ini biasanya terjadi 1 dari 10 pemeriksaan ‘Pap Smear’. Beberapa faktor yang dapat memberikan indikasi diketemukannya penampakan ‘Pap Smear’ yang abnormal adalah:
Jika kasus ini menimpa anda sebaiknya anda datang lagi untuk pemeriksaan ‘Pap Smear’ pada waktu yang akan ditentukan oleh dokter anda.
Dengan memeriksa permukaan leher rahims, dokter akan menentukan penyebab abnormalitas dari sel-sel leher rahim seperti yang dinyatakan dalam pemeriksaan ‘Pap Smear’.

No comments:

Post a Comment