Sunday, August 29, 2010

Nyeri haid, waspadai kista

Tanda awal penyakit kista, adalah nyeri hebat pada saat kita mens atau haid. Kista yang mungkin terbentuk merupakan kista ovarium yang terdapat di dalam ovarium atau indung telur. Kista sendiri merupakan kantung yang berisi cairan yang bisa terdapat dimana saja di tubuh manusia. Jika kista indung telur tersebut adalah fungsional, maka nyeri sebelum menstruasi merupakan respons dari tingginya konsentrasi dari hormon yang mengeluarkan darah selama terjadinya siklus menstruasi.

Namun, tidak semua nyeri saat mens adalah pertanda awal kista tumbuh dan berkembang menjadi ganas. Hal ini tergsntung dari jenis nyeri yang diderita. Jika nyeri tersebut sanagat hebat dan terjadi pada bagian bawah perut, kemungkinan itu adalah gejala awal kista.
Kista bisa terjadi atau tumbuh akibat berbagai proses dalam tubuh seperti, adanya robekan atau hambatan dalam aliran suatu cairan dalam tubuh, infeksi, tumor, kondisi peradangan yang kronis, kondisi genetik, atau adanya kerusakan dalam proses perkembangan organ di embrio.
Semua wanita yang masih mengalami menstruasi, masih sangat rentan kista.

Untuk lebih aman dalam pewaspadaannya, lihat gejala – gejala kista ovarium di bawah ini:
• Haid terlambat dan ketika timbul disertai rasa nyeri yang luar biasa.
• Nyeri atau perasaan penuh tekanan pada perut.
• Serangan nyeri yang mendadak pada bawah perut terutama disaat haid.
• Tumbuh rambut di daerah wajah dan bagian tubuh lainnya.
• Gangguan buang air kecil dan sulit buang air besar.

Dari beberapa gejala – gejala kista ovarium di atas, semoga kita lebih memperhatikan dan mengutamakan kesehatan kewanitaan kita, sehingga lebih besar peluang untuk terhindar dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kista.

No comments:

Post a Comment