Tuesday, August 31, 2010

Kenali Jenis Keputihanmu Sejak Dini

Tentu saja hal yang wajar bagi seorang wanita jika mengalami keputihan sebelum dan setelah haid / menstruasi. Tetapi, perlu mewaspadai juga jika keputihan yang datang adalah keputihan yang tak wajar. Seperti keputihan yang keluar disertai rasa gatal dan bau.

Ada 2 jenis keputihan yang harus diketahui oleh setiap wanita, yaitu :

  1. Keputihan Fisicologis (keputihan normal).

Adalah repon normal dari tubuh yang mana dalam keadaan normal vagina memproduksi cairan yang berwarna bening dan tidak berbau juga tidak berwarna dan berlebihan (normal-normal aja) serta tidak menimbulkan gatal disekitar vagina.

Karena vagina itu kan bentuknya berongga-rongga dan sekitar vagina juga lembab, jadi otomatis akan mengeluarkan lendir, walapun pria juga alat kelaminnya berongga, tetapi karena bentuknya menonjol keluar, dan sekitarnya juga kering, jadi lendir yang keluar juga sedikit. Lendir yang keluar pada keputihan normal ini warnanya bening, tidak berbau dan tidak gatal. Cairan alami ini berfungsi sebagai alat pelindung untuk mengurangi gesekan disaat berjalan atau disaat sedang melakukan hubungan sex.

2. Keputihan Patologis (keputihan abnormal)

Ini merupakan jenis keputihan yang harus diwaspadai, karena cairan yang keluar bukan karena reaksi normal. Cairan yang keluar biasanya vagina biasanya berlebihan atau banyak, juga berwarna kekuningan dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Gejala ini harus diwaspadai karena bisa mengakibatkan kangker pada rahim. Oleh karena itu kita harus cepat mencari tau peyebab dan mengobatinya sejak dini. Segeralah berkonsultasi dengan dokter bila merasakan adanya gejala patologis.

Keputihan abnormal disebabkan oleh adanya infeksi yang dipicu oleh bakteri,kuman, juga parasit. Ciri-cirinya adalah cairan yang keluar berwarna putih susu, kekuningan atau kehijauan, disertai rasa gatal/perih/panas bahkan terkadang disertai rasa perih di bawah perut. Penyebab lainnya adalah penggunaan air untuk cebok yang tidak bersih, faktor hormonal, penggunaan celana dalam dengan bahan yang tidak menyerap keringat, penggunaan pembalut, dan masih ada lagi.


3 comments:

  1. wow,saya jadi bisa tau ternyata keputihan ada yang haris di waspadai ada juga yang tidak
    ST3 Telkom

    ReplyDelete
  2. wow,saya jadi bisa tau ternyata keputihan ada yang haris di waspadai ada juga yang tidak
    ST3 Telkom

    ReplyDelete